plugin wordpress

5 Plugin WordPress Recommended untuk Semua Jenis Website

Plugin adalah program atau aplikasi yang bisa Anda tambahkan pada WordPress (WP). Nantinya dengan plugin ini, Anda bisa menambahkan beragam fitur yang tidak disediakan oleh pihak WordPress. Plugin ini macam macam, ada yang free dan ada juga yang berbayar. Jenis dan kategorinya pun cukup beragam. Cara buat website Anda lebih baik dan lebih berkualitas tentu dengan memanfaatkan plugin WordPress.

Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik

Anda tentu tidak mungkin memilih beberapa dari banyaknya plugin WordPress gratis berbagai kategori, dari plugin share social media hingga Google Analytic secara satu per satu. Anda tentu membutuhkan rekomendasi plugin WP mana saja yang wajib diinstall di website yang tengah Anda kembangkan. Dimana plugin bisa didapatkan? Adakah website yang jual plugin? Perlukah membership sebelum mengunduh plugin?

Tidak perlu repot, karena WordPress menyediakan berbagai macam plugin (gratis dan premim) dari berbagai pengembang. Berikut adalah 5 plugin WordPress yang direkomendasikan untuk berbagai jenis website.

Keamanan adalah aspek pertama yang perlu perhatikan. Jetpack adalah plugin keamanan yang patut Anda install. Jetpack mampu memproteksi website dari serangan paksa, mengamankan login, menyaring spam, serta mendeteksi malaware dan membasminya. Jetpack juga memiliki fitur analisis dan statistik website.

2. BackUpWordPress

Plugin ini akan melindungi Anda dari kerugian akibat pencurian data atau bencana teknis tidak terduga. Anda bisa edit dan atur mekanisme backup data dan kemana data akan diamankan. Hal positif lain dari plugin ini adalah tidak banyak memakan sumber daya web hosting sehingga Anda tetap bisa berhemat.

3. Yoast SEO

Pemula dan bahkan praktisi SEO profesional tetap membutuhkan bantuak plugin ini. Yoast akan mempermudah Anda dalam membuat beragam pengoptimalan website, diantaranya membuat meta description, membuat sitemap XML, dan melakukan pemeriksaan dan pengoptimalan keyword.

4. W3 Total Cache

W3 Total Cache bisa membuat kecepatan website menjadi optimal. Efeknya, tentu saja pengunjung website akan mudah dan nyaman mengakses konten yang Anda tampilkan. Plugin ini bekerja dengan mengunduh data ke folder tertentu untuk kemudian menyediakannya secara otomatis ketika pengunjung memintanya kemudian.

5. WP Social Sharing

Plugin ini adalah plugin yang Anda butuhkan untuk mengoptimalkan jejaring media sosial. Plugin ini mendukung banyak medsos, dinataranya Whatsapp, Instagram, dan Twitter. Fitur utama dari plugin ini adalah kemampuannya untuk membagikan beragam konten dengan satu tombol saja.

Ke-5 plugin tersebut cocok dipasang di website manapun. Memang masih banyak plugin spesifik yang bisa Anda manfaatkan, dari plugin ecommerce gratis, tag manager, slideshow, hingga Elementour plugin WordPress. Namun, Anda tentu tidak memerlukan plugin ecommerce jika website Anda adalah website berisi konten filsafat. Jika Anda tidak menemukan plugin yang dicari, Anda bisa membuat plugin WordPress sendiri.

Cara Memasang Plugin WordPress

Cara install plugin WordPress mudah dan bisa dilakukan secara otomatis langsung dari dashboard website. Berikut adalah panduan cara memasang plugin WP secara otomatis tersebut.

  • Buka dashboard WP dan akses menu Plugins.
  • Di atas layar menu, klik Add New.
  • Dari sini, lakukan pencarian plugin. Silakan cari melalui berbagai tag (Popular, Recommended, dll).
  • Jika plugin yang diincar sudah ditemukan, klik Install Now.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  • Plugin yang berhasil diinstal perlu kamu aktifkan terlebih dahulu agar bisa bekerja di website.
  • Klik Activate Plugin untuk mengaktifkannya.
  • Plugin berhasil diinstal dan bisa digunakan.

Penutup

Selain cara install plugin WordPress secara otomatis, ada juga cara install plugin secara manual. Cara ini bisa dipilih jika Anda ingin menginstal plugin yang Anda download di tempat selain WordPress. Jangan puas dengan plugin di atas, lakukan eksplorasi lebih jauh untuk menemukan plugin mana yang cocok untuk website Anda. Buat sendiri plugin dengan menggunakan penyedia jasa pembuatan plugin jika memang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.